Senin, 30 April 2012

Makalah sains dan teknologi bagi kesejahteraan umat manusia

MAKALAH SAINS DAN TEKNOLOGI BAGI KESEJAHTERAAN UMMAT

Di susun Oleh :
• Rio Chandra        11003040


BAB I
 
Peranan sains dan teknologi dalam kehidupan Manusia

A.   MANUSIA
Manusia merupakan makhluk ciptaan Allah SWT yang paling sempurna dibandingkandengan makhluk ciptaan Allah yang lainnya. Dikatakan paling sempurna karena manusia dibekaliakal sekaligus nafsu. Dalam fakta manusia mempunyai nafsu tetapi yang paling berperan adalahakal. Dengan akal ini manusia dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, akal juga sebagai alat untuk berfikir, berhitung, dan berkreasi sehingga kerja sama antara keduanyasangat diperlukan dalam kehidupan manusia.Pada hakekatnya manusia adalah makhluk yang mempunyai banyak keragaman dalamdirinya, tetapi keragaman tersebut hanya terdapat pada satu jiwa. Keragaman-keragaman tersebutdiantaranya:
1.    Susunan kodrat
Susunan kodrat manusia adalah mempunyai dua dimensi yaitu:
a.    JasmaniSebagai bodi/badan atau rangka, yang terlihat oleh indera kita.
b.    RohaniRuh atau yang mengisi dan menjalankan badan tersebut meski kehadirannya tidak kasat mata namun sangatlah penting keberadaannya sebagai suatu susunan dalamkehidupan. Di mana dalam dimensi rohani manusia terdapat cipta, rasa, dan karsa.
2.    Sifat kodrat
Secara kodrati sifat kodrat manusia yaitu sebagai berikut:
a.    Makhluk individu
Manusia dikatakan sebagai makhluk individu karena setiap manusia tercipta dengan kepribadian, keunikan, serta kekurangan dan kelebihan masing-masingsehingga setiap individu manusia berbeda-beda dan memiliki ciri khas masing-masing
b.    Makhluk sosial
Manusia dikatakan sebagai makhluk sosial karena manusia tidak dapat hidupsendiri. Meski manusioa telah di beri kesempurnaan penciptaan namun darikesempurnaan ini lah terbentuk sebuah ketergantungan manusia terhadap hal-halyang lainnya atau manusia lainnya. Setiap manusia saling membutuhkan untuk dapatmelangsungkan hidupnya.
3.    Kedudukan kodrat
Dalam kodratnya manusia memiliki kedudukan sebagai:
a.    Makhluk pribadi
Sebagai makhluk pribadi manusia mempunyai hak dan kewajiban. Dalammenjalankan hak dan kewajiban ini haruslah berlandaskan moral dan tanggung jawabsehingga dapat berjalan seimbang sebagaimana mestinya berdasarkan pola pikir yangmuncul dari segi estetika manusia itu sendiri.
b.    Makhluk Tuhan
Sebagai makhluk tuhan manusia memiliki kewajiban beribadah kepada AllahSWT serta segala sesuatu tindakan manusia akan diminta pertanggung jawaban olehAllah. Selain mempunyai hakekat hidup, manusia juga memiliki sifat-sifat,diantaranya yaitu:
1)    Sebagai makhluk yang beraka
2)    Sebagai makhluk yang berbahasa
3)    Sebagai makhluk yang beragama

Berdasarkan sifat-sifat tersebut di atas maka dalam diri manusia selalu mempunyai pola pikir,pengharapan atau cita-cita serta kehendak untuk mendapatkan penghidupan yang lebih baik daridalam kehidupannya dengan cara menciptakan sesuatu
B.  SAINS
Sains merupakan bagian dari himpunan hasil karya akal yang termasuk dalampengetahuan alamiah, dan berisikan informasi yang memberikan gambaran tentang struktur darisuatu sistem serta penjelasan tentang pola laku sistem tersebut. Sistem yang dimaksud dapatberupa sistem alami maupun sistem yang merupakan rekaan pemikiran manusia mengenaiperjalanan setiap pola hubungan unsur dalam tatanan kehidupan bermasyarakat.
Kita dapat mempelajari sains dari alam semesta yang dimulai dengan bertanya kepadaalam atau mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang alam. Dari pertanyaan itulah kemudianmuncul sebuah hipotesis yang akan diajukan secara empiris sehingga dari pengujian empiristersebut diperoleh informasi yang valid dan dapat dipercaya.Sains dan hasilnya dapat dirasakan dalam semua aspek kehidupan manusia. Dalamperkembangannya kini sains telah menjadi makanan pokok dari sistem pendidikan nasionalsupaya para siswa menjadi warga negara dan masyarakat yang sadar akan pentingnya sains di eramasa kini.Namun pada kenyataanya sains tidak selamanya berjalan dengan baik dalam memberikanmanfaat kepada umat manusia, karena sains dapat berakibat buruk jika dipersalahgunakan.
Contoh-contoh sains :
1.         Terlihatnya kembali ikan purba spesies coelancath di dasar laut Sulawesi selamaekspedisi penelitian antara 31 mei - 4juni 2006.
2.         Pengobatan migran dengan memanfaatkan medan magnet melalui teknik TranscanialMagnetic Stimulation.
3.         Ditemukannya spesies baru katak pohon di hutan Papua.
C.   TEKNOLOGI
Teknologi merupakan bagian dari hasil akal yang berupa himpunan informasi yangtermasuk dalam pengetahuan ilmiah yang dimana berisikan informasi preskriptif mengenaipenciptaan sistem-sistem ciptaan tersebut. Penggunaan teknologi bertujuan untuk memudahkansegala aktifitas yang berkaitan dengan efisien waktu dan tenaga.Penciptaan teknologi ini didorong oleh perkembangan pola berpikir akal manusia sebagaiciri otomatisme dari fenomena teknik kehidupan masa kini yang menginginkan segala sesuatumenjadi lebih cepat dan mudah, dalam hakekatnya dalam kehidupan teknologi sama dengan sains,penggunaan teknologi dan hasilnya juga memberikan kontribusi yang besar dari kesejahteraanhidup manusia disegala aspek kihidupan. Namun dalam sebuah kesempurnaan akan selaluterakhir kekuranga, yaitu sekarang ini tidak semua teknologi dapat membantu pekerjaan manusia, justru bagi sebagian manusia dengan adanya teknologi malah menjadi boomerang akibat salahdalam memanfaatkannya. Oleh karena itu dalam memanfaatkan teknologi haruslah didasaridengan moral dan etika yang baik serta tanggungjawab sosial yang beradab.
Contoh-contoh teknologi
1. Teknologi komunikasi
Yaitu suatu sistem yang memungkinkan kita dapat berkomunikasi dengansiapapun, kapanpun, dan dimanapun tidak terbatas pada tempat, jarak dan waktu. Misal:internet, handphone, bairless, dll.
2. Teknologi informasi
Yaitu suatu sistem yang memudahkan kita untuk memperoleh berbagai macaminfo yang dibutuhkan secara praktis dan dalam waktu yang relative singkat. Misal:internet, tv.
D. PENGARUH SAINS DAN TEKNOLOGI BAGI MANUSIA
Pada hakekatnya manusia secara kodrati bersifat sebagai makhluk individu sekaligusmakhluk sosial. Dikatakan sebagai makhluk individu karena setiap manusia berbeda-beda denganmanusia yang lain dalam hal kepribadian, pola pikir, kelebihan, kekurangan dan kreatifitas untuk mencapai cita-cita. Sehingga sebagai pribadi-pribadi yang khas tersebut manusia berusahamengeluarkan segala potensi yang ada pada dirinya dengan cara menciptakan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan hidup tanpa bantuan orang lain. Potensi-potensi manusia sebagai makhluk individu dapat dituangkan dalam sebuah karya sains, dan teknologi. 
Baik sains, dan teknologi hasil produknya kini dapat dirasakan disetiap aspek kehidupanmanusia sehari-hari. Sehingga pengaruh sains dan teknologi bagi manusia dalam masyarakatdapat berpengaruh positif dan negatif 
1. Pengaruh positif 
a.         Meningkatkan kesejahteraan hidup manusia (secara individu maupun kelompok)terhadap perkembangan ekonomi, politik, militer, dan pemikiran-pemikiran dalambidang sosial budaya.
b.         Pemanfaatan sains dan teknologi secara tepat dapat lebih mempermudah prosespemecahan berbagai masalah yang dihadapi oleh manusia.
c.         Sains dan teknologi dapat memberikan suatu inspirasi tentang perkembangan suatukebudayaan yang ada di Indonesia
2.  Pengaruh negatif  

Di sisi lain sains dan teknologi memberikan pengaruh positif, sains dan teknologi juga dapat memberikan pengaruh yang negatif bagi perubahan peradaban manusiaterutama bagi generasi muda. Selain itu sains dan teknologi telah melunturkan nilai-nilailuhur kepribadian bangsa dan tata krama sosial yang selama ini menjadi ciri khas dankebanggaan. Serta yang terakhir pemanfaatan dari sains dan teknologi sering kalimenimbulkan masalah baru dalam kehidupan manusia terutama dalam hal kerusakanlingkungan, mental dan budaya bangsa, seperti:
a) Menipisnya lapisan ozon
b) Terjadi polusi udara, air dan tanah
c) Terjadi pemanasan global
d) Rusaknya ekosistem laut
e) Pergaulan dan seks bebas
f) dan penyakit moral.

Oleh karena itu agar sains dan teknologi dapat memberikan pengaruh yang positif bagi manusia dan budaya, maka sains dan teknologi seharusnya mampumengkolaborasikan antara nilai-nilai empiris dengan nilai-nilai moral dan menyesuaikandengan nilai-nilai religius, keagamaan, dan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.
BAB II

 
Pengaruh Sains dan Teknologi dalam Kehidupan

Kemajuan sains dan teknologi membawa kejayaan dan kebahagiaan umat manusia kenikmatan dan kemudahan hidup serta berebagai hiburan di dapat sebagai hasil sains dan teknologi. Kekurangan tanah pertanian telah dapat diatasi dengan mengubah gurun-gurun pasir serta daerah tertutup salju menjadi areal pertanian yang subur. Jarak perjalanan, yangdulu mesti ditempuh berbulan-bulan, saat ini hanya berbilang jam, bahkantak lama lagi bisa sekian detik saja. Mobil yang dijalankan dengan batterydan energi surya pun mulai dipakai.Ilmu kedokteran pun kian mengagumkan. Ginjal, paru-paru, jantung danalat tubuh penting lainnya telah dibuat dan diperdagangkan sebagaimanalayaknya onderdil-onderdil mesin. Orang tua yang dulu dianggap bakal takpunya anak, kini, simsalabim, lahirlah si Upik atau si Buyung. Denganteknik-teknik termaju seleksi gen, bersamaan dengan diagnosa janin dan perawatan yang cermat terbuka harapan yang memungkinkan  “mengendalikan kualitas” keturunan kita. Banyak sekali kalau kita sebutkan satu per satu. Belum lagi metode memperlambat ketuaan,darmawisata, ke ruang angkasa atau ketepi alam semesta ini (?). Begitu juga perkembangan komputer dan teknologi komunikasi yang kian canggih dan sempurna yang akan dapatmemberi kita solusi di berbagai bidang kehidupan. Robot pun kian banyakmengambil alih tugas manusia. Teaching machine, yang jauh lebih efisien, telah mengantikan fungsi guru. Untuk menumbal kekurangan tidur.
Digunakan pula sleep machine. Pendeknya manusia akan dapat hidupenak dan sepuas mungkin. Semua berkat sains dan teknologi !Akibatnya timbul anggapan pada sebagian kalangan: sains adalah segala-galanya. Sains dapat membuat sorga di dunia ini. Peradaban seperti inioleh Prof. Jaques Barzun dalam bukunya Science, The Glorius Entertaiment disebut sebagai Scientific Culture – Peradaban Sains-Manusia lebih percaya pada sains dan teknologi Manusia dipimpin semata-mata oleh ratio, akal sehat dan inteleknya saja. Kendatipun demikian masih ada ahli pikir yang cemas melihat perkembangan masyarakat dan cara pikir seperti itu, terlalu tunduk padaotoritas sains belaka. Keagamaan, ketuhanan, susila dan nilai-nilai etislainnya ditanggalkan. Secara kualitatif hidup bergelimangan alam bendayang berlimpah-limpah dan tunduk hanya pada kekuasaan intelek sajapada hakekatnya miskin! Semu belaka. Sebab yang menjadi dayadorongnya adalah keuntungan atau laba. Inilah yang jadi ciri khas utamamasyarakat peradaban sains itu
A.  PEMBAHASAN
Saingan yang tajam dalam kehidupan manusia, kurangnya rasakegotongroyongan, tak pernah puas segala yang ada, padahalhidup serba ada, menyebabkan timbulnya kebingungan, kegelisahan batindan kerisauan hati dalam masyarakat. Manusia hidup dicekam stress danketegangan terus menerus. Lalu terjadilah peningkatan penjualan obattidur, obat bius dan penenang saraf. Hal semacam itu takkan terjadi kalaumanusia yang hidup dalam peradaban sains itu memperoleh kebahagiaandan ketenangan batin. Hingga para ahli pikir Barat pun sampai bertanya-
tanya, “Kalau dunia jadi demikian, adakah juga gunanya orang berumurpanjang?” Sekarang telah ditemukan juga tekhnik inseminasi buatan ( artificialinsemination/Al ) dengan air mani donor ( orang lain ), jika sang suami mandul, atau berpenyakit turunan parah seperti Hutington. Seorang suami kini, bisa menyimpan air maninya dalam cryobank (bank tabunganair mani) sebelum dirinya disterilkan, atau memungkinkan sang istripunya anak dari suami yang udah mati! Dengan sistem “kloning” -intisebuah telur “dibuahi” dengan inti sel somatik (badan) lalu dicangkokkankembali ke rahim sehingga berkembang seperti biasa– ada kemungkinannantinya seseorang bisa melahirkan anak monyet, kalau rela! Ada lagicara fusi telur (penggabungan telur), yang akan melenyapkan perlunyasperma pria dan akan selalu menghasilkan/melahirkan bayi wanita! (lelakimakin tak laku?) Bahkan, kedua telur itu, bisa diperoleh dari satu wanitayang sama!Kekhawatiran ini tercermin dari pendapat banyak ahli pikir Barat sendiri.Hampir semua filosof besar mengatakan, “Kelam telah menyelimuti duniabarat dan satelitnya”. Oswald Spengler, Nikolai Danilevski, Arnold J. Toynbee, P. A. Sorokin, Walter Schubart, N. Berdyev, dan lainnyamelukiskan zaman sekarang ini sebagai suatu masa transisi teramat besardari peradaban lama menuju peradaban baru. Sistem peradaban lama,secara berangsur-angsur tapi pasti mulai melemah dan akhirnya padamsama sekali, lenyap dari permukaan bumi.
Seorang Sastrawan modern besar,  T.S. Elliot, menuangkan kekhawatiranya : semua ilmu pengetahuan kita membawa kita makin dekan kepada kebodoahan
semua kebodohan kita membawa kita makin dekat pada kematian
tapi… makin dekat pada kematian
bukan makin dekat pada tuhan…
mana lagi hayat kita yang telah hilang dalam kehidupan
mana lagi kebijaksanaan kita yang telah hilang dalam ilmu pengetahuan
mana lagi pengetahuan kita yang telah hilang dalam penerangan
perputaran semesta alam dalam dua puluh abad membawa kita
terjauh dari Tuhan… dan kian dekat pada kehancuran…”

v  Islam Sinar Kehidupan MutakhirBila mendung kerusakan harus disibakkan, jika penderitaan harusdihapuskan dari dahi manusia, maka cahaya Din haruslah terbit sebagaifajar membawa suasana baru nan tenteram. Kalau kita bertanya darimana sinar cahaya itu, jawabannya semakin jelas: hanya dari Quran dan Sunnah Rasul merupakan suatu kemasyarakatan, pedoman hidup amat sempurna, tatanan jiwa dan sekaligus kekuatan kebudayaan. Hanya Islamagama yang diridhoi Allah (QS. 3: 19) dan yang hanya yang dibenarkanoleh Allah (QS. 3: 85).Pokok-pokok ajarannya sama modernnya dengan hari esok. Islam punsanggup di hari ini mendengungkan era baru dalam hidup umat manusia.Ia dapat menampilkan pada manusia peradaban baru dari hidup dankehidupan di dunia ini. Dia menampilkan kebenaran dan keadilan. Pesan-pesannya menembus jantung dan menggetarkan jiwa. Dia sanggup membebaskan manusia dari kurungan besi tuhan-tuhan palsu yang selalumembelenggu, dan selanjutnya mengantarkannya ke zaman damai lagi makmur sesuai cita-cita seluruh manusia. Taqwa pada Allah serta berpegang teguh pada nilai-nilai moral adalah senjata utama yang sanggup mencegah hancurnya nilai-nilai kemanusian. Dan hanya wahyu Allah yang sanggup jadi kendali utamanafsu manusia serta dapat menuntun langkah-langkahnya (QS. 45: 23).Lembaran-lembaran sejarah jadi saksi akan kenyataan ini.

v   Tergantung Generasi MudaA. N. Whitehead dalam bukunya Science and The Modern World menulis,“Bila kita ingat betapa pentingnya agama bagi umat manusia, begitu jugailmu pengetahuan, maka tidaklah berlebih-lebihan bila dikatakan bahwasejarah kita masa mendatang tergantung pada putusan generasi kinimengenai hubungan antara keduanya”.Hal inilah yang mesti disadari oleh segenap generasi muda Islam. Dalamsituasi yang amat khas ini terbuka kesempatan emas yang sangatmenentukan sekali. Generasi muda satu-satunya harapan.Maka peran aktif dan kerjasama yang harmonis berbagai komponenmasyarakat amat diharapkan. Pengajaran agama dan kerohanian harusdiefektifkan, disamping juga sains dan teknologi. Kontroversi agama danilmu pengetahuan harus disingkirkan, sebab keduanya selaras dan takdapat dipisahkan.


v  Bagi kaum intelektual lebih penting mengetahui apa hakekat yang tersiratdaripada yang tersurat dalam ayat-ayat Allah. Mementingkan yangtersurat –dengan tafsir-tafsir yang dogmatis yang tak memberi peluanguntuk bertanya dan memberi tafsir lain akan menanam pada penganutnya jiwa tertutup, menurut saja dan taqlid buta, dan ini dilarang Allah. Akantimbul fanatisme dan intoleransi pada pandangan lain

BAB III

Manfaat Sains Untuk Kesejahteraan Umat

Sains mempuyai peran dan mamfaat bagi kesejahteraan umat. Dalam kehidupan manusia, mamfaat sains di bagi menjadi yaitu BIOTEKNOLOGI
TRADISIONAL vs BIOTEKNOLOGI
 MODERN :
A. Manfaat bioteknologi tradisional
v  Aspek pertanian
            Contoh bioteknologi tradisional di bidang pertanian misalnya, suatu tanaman jenis mustrad alami yang diseleksi oleh manusia menghasilkan tanaman kolabri, brokoli, kubis, kembang kol (Aryulina dkk, 2003)
v  Aspek peternakan
            Beberapa contoh bioteknologi tradisional di bidang peternakan misalnya
            1. Domba Ankon, yang merupakan domba berkaki pendek dan bengkok sebagai hasil mutasi alami
            2. Sapi Jersey, yang diseleksi oleh manusia agar menghasilkan susu dengan kandungan krim lebih banyak
v  Aspek kesehatan
            Beberapa contoh bioteknologi tradisional di bidang kesehatan misalnya
            1. Antibiotik yang digunakan untuk pengobatan diisolasi dari jamur Penicillium
            2. Vaksin, yang merupakan mikroorganisme atau bagian mikroorganisme yang toksinnya telah dimatikan, bermanfaat untuk meningkatkan imunitas
v  Aspek pangan
            Beberapa contoh bioteknologi tradisional di bidang pangan misalnya :
            1. Tempe, dibuat dengan cara memfermentasikan kedelai dengan jamur Rhizopus
            2. Kecap, dibuat dengan cara memfermentasikan campuran kedelai dan padi-padian ditambah garam dengan menggunakan jamur Aspergillus bersama Saccharomyces
            3. Oncom, dibuat dengan cara memfermentasikan bungkil kacang atau ampas kedelai dengan jamur Neurospora sitophila
            4. Tape, dibuat dengan cara memfermentasikan singkong ataupun beras ketan dengan ragi
B.  Manfaat bioteknologi modern
¢  Bioteknologi modern mulai berkembang setelah penemuan struktur DNA sekitar tahun 1950, yang diikuti oleh penemuan-penemuan lainnya. Penemuan ekspresi gen, enzim pemotong DNA, keberhasilan menciptakan DNA rekombinan dengan menggabungkan DNA dari dua organisme yang berbeda, kloning dan kultur jaringan
C.  Pemanfaatn Bioteknologi
Aspek pangan
Beberapa contoh bioteknologi modern di bidang pangan misalnya  
1. Protein sel tunggal (single cell protein)
            Protein sel tunggal merupakan makanan kaya akan protein yang berasal dari mikroorganisme. Mikroorganisme yang biasanya digunakan adalah jamur, bakteri, ragi ataupun algae. Contohnya adalah Protein sel tunggal dari Fusarium graminearum, hifa jamur Fusarium merupakan makanan yang  sangat bergizi, disebut sebagai mikroprotein. Selain itu protein sel tunggal adalah mikroalgae (ganggang mikroskopis), misalnya  Chlorella (ganggang hijau) dan Spirulina (ganggang biru).
2. Buah tomat hasil manipulasi genetik sehingga tahan lama, tidak cepat matang dan membusuk
BAB IV

Manfaat Teknologi Untuk Kesejahteraan Umat

 

Teknologi sangat berkembang dari zaman ke zaman, semua dapt dinilai dari segi positi nya. Banyak sekali hal-hal positif yang sapat dilihat untuk kesejahteraan umay. Maka dari itu dampak positif bisa kita liat dari berbagai bidang:

1.   Bidang Informasi dan komunikasi
Dalam bidang informasi dan komunikasi telah terjadi kemajuan yang sangat pesat. Dari kemajuan dapat kita rasakan dampak positipnya antara lain:
  • Kita akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru di bumi bagian manapun melalui  internet
  • Kita dapat berkomunikasi dengan teman, maupun keluarga yang sangat jauh hanya dengan melalui handphone
  • Kita mendapatkan layanan bank yang dengan sangat mudah. Dan lain-lain

2.   Bidang Ekonomi dan Industri
Dalam bidang ekonomi teknologi berkembang sangat pesat. Dari kemajuan teknologi dapat kita rasakan manfaat positifnya antara lain:
  • Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi
  • Terjadinya industrialisasi
  • Produktifitas dunia industri semakin meningkat : Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi. Investasi dan reinvestasi yang berlangsung secara besar-besaran yang akan semakin meningkatkan produktivitas dunia ekonomi
  • Persaingan dalam dunia kerja sehingga menuntut pekerja untuk selalu menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki.Kecenderungan perkembangan teknologi dan ekonomi, akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja dan kualifikasi tenaga kerja yang diperlukan. Kualifikasi tenaga kerja dan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan akan mengalami perubahan yang cepat.



3.   Bidang Sosial dan Budaya

  1. Perbedaan kepribadian pria dan wanita. Banyak pakar yang berpendapat bahwa kini semakin besar porsi wanita yang memegang posisi sebagai pemimpin. Semakin banyak wanita yang memasuki bidang politik, sebagai anggota parlemen, senator, gubernur, menteri, dan berbagai jabatan penting lainnya.
  2. Meningkatnya rasa percaya diri Kemajuan ekonomi di negara-negara Asia melahirkan fenomena yang menarik. Perkembangan dan kemajuan ekonomi telah meningkatkan rasa percaya diri dan ketahanan diri  sebagai suatu  bangsa  akan  semakin  kokoh.  Bangsa-bangsa Barat tidak lagi dapat melecehkan bangsa-bangsa Asia.
  3. Tekanan, kompetisi yang tajam di pelbagai aspek kehidupan sebagai konsekuensi globalisasi, akan melahirkan generasi yang disiplin, tekun dan pekerja keras

4.   Bidang Pendidikan
Teknologi mempunyai peran yang sangat penting dalam bidang pendidikan antara lain:
  • Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan. Dampak dari hal ini adalah guru bukannya satu-satunya sumber ilmu pengetahuan.
  • Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptalah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak, karena materi tersebut dengan bantuan teknologi bisa dibuat abstrak.
  • Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka

5.   Bidang politik
  • Timbulnya kelas menengah baru Pertumbuhan teknologi dan ekonomi di kawasan ini akan mendorong munculnya kelas menengah baru. Diramalkan, kelas menengah baru ini akan menjadi pelopor untuk menuntut kebebasan politik dan kebebasan berpendapat yang lebih besar.
  • Proses regenerasi kepemimpinan. Sudah barang tentu peralihan generasi kepemimpinan ini akan berdampak dalam gaya dan substansi politik yang diterapkan. Nafas kebebasan dan persamaan semakin kental.
  • Menumbuhkan rasa kesadaran regionalisme. Ditambah dengan kemajuan di bidang teknologi transportasi telah menyebabkan meningkatnya kesadaran tersebut. Kesadaran itu akan terwujud dalam bidang kerjasama ekonomi, sehingga regionalisme akan melahirkan kekuatan ekonomi baru.
PENUTUP

A. KESIMPULAN

Sains dan teknologi dapat memberikan pengaruh yang besar bagi kehidupan umatmanusia, tidak hanya dalam bidang ekonomi, sosial, dan budaya tetapi juga pengaruh positif dannegatif terhadap peradaban umat manusia. Pengaruh tersebut diantaranya sebagai berikut:

a. Pengaruh positif 

i.          Meningkatkan kesejahteraan hidup manusia (dalam segala aspek kehidupan)
ii.          Pemanfaatan yang tepat dan lebih mudah dalam memecahkan masalahyang sedang dihadapi manusia.
iii.         Dapat memberikan pelayanan pada masyarakat
iv.        Dapat memudahkan pekerjaan manusia.


B.  SARAN

Sudah selayaknya dalam menepuh kehidupan masa kini manusia harus menguasai sainsdan teknologi, namun di sisi itu juga sebaiknya umat manusia tidak hanya mendalamipengetahuannya tentang sains dan teknologi saja, tetapi juga harus mendalami nilai-nilai religius,keagamaan untuk menetralisir pengaruh buruk dari sains dan teknologi untuk mendapatkankesejahteraan hidup yang lebih baik lagi.


var maxresults=8; max-results=6 var relatedpoststitle="Makalah sains dan teknologi bagi kesejahteraan umat manusia"; var splittercolor="#00FF33";

Comments
2 Comments

2 komentar:

  1. wah dek,,, sy search utk bahan makalah IKD malah muncul punya kamu :D

    Minta izin utk download ya???? Utk referensi ^^

    BalasHapus
  2. asem pinter tenan cah iki nembak KW tugas iki..
    jos lah bos..
    izin copas sipek lek..

    BalasHapus